Selasa, 29 Desember 2015

6 Kriteria resolusi dahsyat

Sebelum tahun ini benar-benar berakhir, buatlah resolusi dahsyat untuk tahun depan. Apa aja, yang tentu saja mengubah hidupmu kan? Kamu pasti nggak mau hidupmu gini-gini melulu. Boring tau! Eits, tapi nggak bakalan jadi resolusi yang hebat kalau belum memenuhi enam kriteria ini. 

6 Kriteria resolusi dahsyat


1.       Muncul karena tekadmu sendiri

Apapun resolusimu, pastikan kamu menginginkannya bukan karena paksaan orang lain. Umpama kamu ingin menikah tahun depan, lakukan itu karena tekadmu sendiri. Meski calon udah ada, tapi kalau menurutmu timingnya belum pas karena memang belum siap, mengapa harus cepat-cepat.

Orang lain pasti melihat yang terlihat saja. Jika mereka member saran, jadilah pendengar yang baik. Jika mereka memaksamu membuat target segera, berterimakasihlah atas saran tersebut. Tunggulah sampai kamu siap benar. Tapi jangan lama-lama lho, entar keburu tua.

2.       Terjangkau kemampuan

Punya resolusi tinggi itu boleh-boleh aja. Bukankah manusia itu sudah seharusnya melejit? Tapi, ukurlah kemampuan yang ada di diri kamu. Jangan bermimpi mau naik haji tahun depan kalau sampai sekarang aja tabungan haji masih nol rupiah. Jangan bermimpi jadi sarjana tahun depan kalau sekarang aja baru masuk semester dua. Dikejar sampai setinggi apapun kayaknya nggak bakal mampu deh kamu.

3.       Real

Bukan khayalan. Jangan menulis resolusi seperti di negeri dongeng. Missal: ingin berjumpa Elsa Frozen, membuat rumah dari salju, punya tujuh kurcaci kayak putri salju, atau ingin ke khayangan bertemu para dewa-dewi.

4.       Step yang jelas

Resolusi dahsyat itu bukan yang hanya di angan. Kamu pun perlu menulis rincian stepnya agar lebih oke. Missal resolusi utama adalah mengenakan hijab, maka stepnya misalnya:

-          Kudu niat karena Allah
-          Pilah-pilah baju pendek dan panjang
-          Belanja baju muslim plus jilbabnya
-          Banyak ikut kajian muslimah
-          Memperbaiki akhlak

5.       Memiliki deadline

Penting untuk membuat deadline, guys. Misalnya resolusimu adalah: berat badan turun 15 kg. BB mu sekarang 80kg. Wow! Maka kamu harus membuat target minimal per bulan itu BB mu turun 1kg.

Lalu kamu pun harus membuat jadwal olahraga setiap pekannya, atau bahkan setiap hari. Deadline itu harus kamu kejar, dan nggak boleh malas.

6.       Tertempel pada tempat yang biasa kamu lihat

Agar kamu berasa diingetin terus dengan resolusimu, coba deh tulis impianmu itu di selembar kertas lalu temple di belakang pintu kamar, atau di dindingnya. Buat yang cewek, bisa nempelin di samping cermin meja rias. Atau kalau kamu malu ketahuan orang, tulis aja di kompi atau netbookmu. Jadikan wallpaper bagus tuh!


EmoticonEmoticon