Sabtu, 26 Desember 2015

8 Cara Jitu Agar Utang Segera Lunas

Memiliki utang dengan jumlah yang banyak, membuat kita susah tidur. Kepikiran terus karena yang namanya utang itu sifatnya wajib dilunasi. Kalau pelunasannya ditunda-tunda, bisa-bisa jadi beban terus lho. Apalagi kalau utangnya personal, jadi nggak enak lah kita kepada mereka. Kalau utangnya ke bank atau sejenisnya, bahaya juga karena otomatis bunganya makin berlipat. Nah, ini nih cara jitunya biar utang segera lunas. Simak ya! 

8 Cara Jitu Agar Utang Segera Lunas
foto : potongan cover buku :GAJI SEBULAN HABIS SEHARI

1.       Mengakui utang anda

Sebesar apapun utang anda, untuk apa uang itu dulu digunakan, akui saja dulu. Saat utang ini sudah diakui, anda menjadi orang yang “pasrah” kepada ilahi dan siap melakukan step selanjutnya. Berabe kalau anda mau melunasi utang tapi masih mengambil orang lain sebagai kambing hitam.

2.       Hindari gali lubang tutup lubang

Jangan sekali-kali anda pinjam uang untuk melunasi utang. Itu hanya akan memperumit keuangan anda. Apalagi jika anda sudah berkeluarga. Kasihan keluarga anda kalau utang yang anda miliki bukan semakin lunas, justru makin bertambah.

3.       Jangan kurangi alokasi sedekah

Kalau anda sudah terbiasa bersedekah tiap bulan, jangan kurangi pos ini. Pos ini diyakini mampu memperlancar rejeki. Jadi, pengurangannya pada pos yang lain. Moga Allah memudahkan anda dalam mencari nafkah dan melunasi utang. Aamiin.

4.       Pos saving bisa sedikit dikurangi

Nabungnya bisa dikurangi jumlahnya. Pengurangan itu nanti dimasukkan ke poin yang kelima di bawah ini.

5.       Buat pos rahasia

Pos rahasia adalah istilah lain untuk “nabung buat nyicil utang”. Jadi di pos ini anda dilarang menggunakan uang selain untuk melunasi utang. Realisasikan pos ini, saya yakin utang anda sedikit demi sedikit segera lunas.

6.       Perkecil alokasi konsumsi

Tak harus selalu makan ayam, sesekali bisa makan tempe tahu. Tak harus beli baju di mall terus, sesekali beli di pasar tradisional atau pasar kaget. Tak harus wisata ke luar negeri, wisata lokal pun bisa jadi pilihan.

7.       Cari penghasilan tambahan

Sembari pekerjaan utama berjalan, cobalah cari sampingan yang masih bisa dijangkau tenaga dan pikiran. Hasil pekerjaan sampingan ini bisa anda alokasikan untuk mencicil utang.

8.       Usaha mandiri bersama pasangan

Bagi anda yang sudah punya pasangan, cobalah bersinergi. Kira-kira apa peluang yang bisa kalian kerjakan. Apakah bisnis online, usaha kuliner, atau sekadar jasa pengiriman barang. Yang pasti ini akan menambah penghasilan baru yang memuaskan.

Selamat berjuang ya. Kalau mau tulisan yang lebih lengkapnya, anda bisa beli buku GAJI SEBULAN HABIS SEHARI terbitan Caesar Media Pustaka karya Isnaeni DK di toko buku online solusibuku.com. Di sana banyak sekali tips jitu seputar pengelolaan keuangan. 
Semoga bermanfaat!

1 komentar:

Untuk poin pertama sepertinya berat sekali ya untuk mengakuinya, hehhee.

Jokowarino.ID Komunitas Blogger Indonesia


EmoticonEmoticon